You are currently viewing Penyebab HIV-AIDS
  • Reading time:1 mins read

Penyebab HIV-AIDS

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sedangkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menjadi sangat lemah karena adanya infeksi dari virus HIV.

Penyakit HIV AIDS dapat terjadi melalui hubungan seksual vaginal atau anal, penggunaan jarum suntik dan transfusi darah. HIV dapat menular dari ibu kepada anak selama masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui.

Dengan menjalani pengobatan tertentu, pengidap HIV bisa memperlambat perkembangan penyakit ini, sehingga pengidap HIV bisa menjalani hidup dengan normal. Penularan HIV paling banyak disebabkan melalui hubungan intim yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba.

Gejala HIV bisa bervariasi antara satu individu dengan yang lain, dan tidak semua orang yang terinfeksi penyakit ini akan mengalami gejala pada tahap awal. Perlu diingat bahwa HIV tidak selalu menyebabkan gejala pada tahap awal infeksi. Jika gejala muncul, mereka dapat mirip dengan flu atau infeksi lainnya.

HIV bisa menginfeksi semua orang dari segala usia. Akan tetapi, risiko tertular HIV lebih tinggi pada pria yang tidak disunat, baik pria heteroseksual atau lelaki seks lelaki.

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Hananiaserka.com