You are currently viewing Mengenal Jamur Pada Kulit Bayi
  • Reading time:1 mins read

Mengenal Jamur Pada Kulit Bayi

Kondisi infeksi jamur akan membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga tidak heran jika ia rewel karenanya. Sebab infeksi jamur pada bayi dapat menyebabkan gatal bengkak, melepuh, dan bersisik. Maka itu, orang tua perlu mengenali infeksi jamur pada bayi dan cara tepat mengatasinya.

Gejala infeksi kulit yang dialami bayi pun bisa berbeda-beda, tergantung faktor apa yang menyebabkannya. Infeksi jamur yang paling umum dialami bayi yaitu ruam pokok dan sariawan. Jamur kulit dapat hidup di lapisan atau ata sel kulit pada area tubuh yang lembap. Contohnya seperti area pokok, lipatan kulit, dan mulut.

Infeksi jamur pada mulut bayi umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam 1–2 minggu. Namun, Bunda dianjurkan untuk tetap membawa Si Kecil ke dokter jika ia mengalami gejala dari infeksi jamur. Apalagi bila kondisi ini telah membuatnya menjadi rewel dan enggan untuk menyusu.

Meski bukan kondisi yang serius, seseorang yang mengalami gejala infeksi jamur kulit perlu memeriksakan dirinya ke dokter, terutama jika memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Hal ini untuk mencegah penyebaran jamur ke bagian tubuh lain.

⁠Banyak pembantu pengalaman di Hananiaserka.com