You are currently viewing Makanan Yang Mengurangi Mual Saat Hamil
  • Reading time:2 mins read

Makanan Yang Mengurangi Mual Saat Hamil

Mual dan muntah saat hamil umumnya terjadi di trimester pertama. Hal ini sebenarnya normal dan merupakan tanda kehamilan yang sehat. Namun, bila terjadi secara berlebihan, kondisi ini disebut hiperemesis gravidarum.

Mual dan muntah selama awal masa kehamilan kian menambah faktor keengganan bumil untuk mengonsumsi makanan dengan baik. Padahal, ibu hamil memerlukan nutrisi yang banyak untuk menunjang kesehatan dirinya dan buah hati.

Rekomendasi Makanan Penghilang Rasa Mual

  • Jahe:Buat Ibu yang suka dengan jahe bisa mengolahnya menjadi teh jahe, wedang jahe atau memasukan jahe pada setiap menu tumisan. Namun jika Ibu tidak begitu suka, jahe bisa diolah menjadi kue supaya lebih lezat disantap. Perlu diingat, konsumsi jahe dalam tahap wajar ya Bu agar tidak timbul dampak negatif.
  • Kue kering: Beberapa jenis makanan kering dan tawar, seperti biskuit kering, kue kering rendah gula, dan roti kering, dapat menjadi pilihan makanan untuk mengatasi mual.
  • Makanan tinggi vitamin B6: Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam darahnya.
  • Olahan sup: Hidangan yang hangat dan berkuah tentu lezat disantap saat mual muntah menyerang. Ibu bisa memasak sup dengan berbagai isian yang sehat seperti daging, sayuran dan kacang-kacangan favorit. Selama mual muntah, Ibu bisa tetap terhidrasi dengan cukup air putih dan makanan berkuah.
  • Makanan berserat: Tambah asupan serat dari sayuran segar dan buah untuk ibu hamil untuk menghilangkan mual selama masa kehamilan.

Jika butuh Perawat Lansia silakan klik Hananiaserka.com