You are currently viewing Makanan Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil
  • Reading time:2 mins read

Makanan Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil

Ibu hamil tentunya selalu ingin memberikan yang terbaik bagi calon buah hatinya bahkan sejak masih di dalam kandungan. Salah satu upaya terpenting untuk meraih tujuan tersebut adalah dengan menjaga pilihan makanan untuk ibu hamil setiap harinya.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil. Pasalnya, jenis makanan tertentu berpotensi membahayakan kesehatan janin. Oleh sebab itu, Bumil disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang ingin dikonsumsi.

Berikut berbagai makanan yang sebaiknya dihindari atau tidak boleh dimakan saat ibu sedang hamil:

  • Ikan yang tinggi merkuri

Ikan todak, tenggiri, hiu, tuna, dan kerang merupakan beberapa jenis makanan laut yang mengandung merkuri tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, merkuri dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pada saraf, ginjal, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, janin juga bisa mengalami kecacatan dan gangguan pertumbuhan.

  • Daging setengah matang

Daging yang dimasak tidak matang sepenuhnya kemungkinan besar masih mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi janin.

  • Minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol, berapapun kadarnya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat kehamilan. Mengonsumsi minuman beralkohol saat hamil dapat meningkatkan risiko gangguan tumbuh kembang janin, kelahiran prematur dan gangguan pada sistem pendengaran dan penglihatan si anak kelak.

  • Kafein

Bunda boleh saja mengonsumsi kopi saat hamil, tapi jangan lebih dari 200 mg per hari, karena konsumsi kafein berlebih saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran dan berat badan lahir rendah pada bayi. Cobalah mengontrol konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, cola dan coklat selama kehamilan.

⁠Jika butuh Baby Sitter silakan klik Hananiaserka.com