You are currently viewing Gejala Dermatitis Herpetiformis
  • Reading time:1 mins read

Gejala Dermatitis Herpetiformis

Dermatitis herpetiformis adalah ruam lepuh kronis yang sering terjadi pada penderita penyakit celiac. Dermatitis herpetiformis umumnya menimbulkan keluhan berupa ruam yang disertai gatal atau sensasi terbakar di kulit.

Gejala yang muncul: Ruam kulit disertai benjolan dan lepuh yang sangat gatal (ini adalah gejala yang paling umum). Ruam dermatitis herpetiformis biasanya berupa kumpulan benjolan pada area kulit yang berubah warna dari warna kulit biasanya. Benjolan tersebut mungkin lebih gelap dari warna kulit Anda biasanya.

Penyakit autoimun ini dapat menyebabkan gangguan pada kulit, mulut, dan gastrointestinal yang berhubungan dengan sensitivitas gluten. Sistem kekebalan diproduksi ketika gluten dicerna. Antibodi (IgA) yang diproduksi kemudian disimpan dalam kulit. Hal tersebut yang memicu gatal, benjolan merah, dan lecet pada pengidap.

Dermatitis herpetiformis, dikenal juga dengan penyakit Duhring, yang menyebabkan terjadinya lepuhan mirip dengan penyakit herpes. Bedanya, kemunculannya bukan karena infeksi virus herpes, melainkan karena sensitivitas terhadap gluten.

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Hananiaserka.com