You are currently viewing Atasi Perut Kembung Saat Hamil
  • Reading time:2 mins read

Atasi Perut Kembung Saat Hamil

Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa kencang dan penuh. Perut juga akan terasa lebih membesar daripada biasanya ketika mengalami perut kembung. Hal ini tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi siapa pun, terlebih lagi bagi Ibu hamil.
Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Ibu selama kehamilan, contohnya perut yang tadinya jarang bermasalah mungkin akan menjadi mudah kembung saat hamil.
saat hamil kamu tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat, sehingga kamu mungkin perlu menyimpan dahulu obat yang biasa kamu gunakan untuk atasi perut kembung.
Ibu hamil bisa mengatasinya dengan cara makan makanan berserat sehingga proses pencernaan semakin lancar. Saat sembelit, sistem pencernaan akan bekerja lebih lambat. Alhasil, gas yang dihasilkan oleh makanan akan menumpuk di dalam perut. Inilah mengapa makanan berserat bisa mencegah kembung saat hamil.

Ibu hamil memang perlu lebih selektif dalam memilih makanan selama kehamilan untuk menjaga sekaligus memenuhi kebutuhan gizi janin.Terkadang, makanan sehat seperti brokoli, kembang kol, dan kacang-kacangan pun perlu dikurangi karena bisa menyebabkan penumpukan gas di dalam perut.

Selain mencegah dehidrasi, air putih juga berperan dalam menurunkan risiko konstipasi atau sembelit. Air putih adalah solusi terbaik, karena minum banyak air bisa membantu mengatasi perut kembung saat hamil. Pastikan Bunda mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari untuk mengatasi perut kembung saat hamil.

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Hananiaserka.com